Senin, 14 Maret 2011

internet, temannya atau musuhnya pendidikan......?

Akhir-akhir ini kita sering mendengar berita tentang menjamurnya atau membumingnya sebuah situs komunitas sosial yang memiliki brand Facebook ataupun situs sosial lainnya. Banyak pengguna internet menggunakan situs tersebut untuk bersosialisasi dengan teman-teman nya, termasuk pengguna internet kalangan pelajar dan mahasiswa (termasuk saya). Hal ini merupakan sebuah fenomena wajar karena saat ini kita sebagai pengguna internet sangat dimanjakan dengan tarif internet yang semakin miring atau bahkan gratis (ditempat-tempat free hotspot).Namun terkadang timbul pertanyaan apakah internet hanya digunakan untuk bersosialisasi saja ? terkadang kita mengabaikan fungsi lain dari internet itu sendiri. pada dasarnya internet diciptakan untuk memberikan informasi apa saja sesuai apa yang kita cari. pada dasarnya internet adalah gudang informasi bahkan ada yang menyebut
google sebagai mesin pencari.
internet sebenarnya memiliki banyak fungsi yang dapat menunjang kegiatan belajar kita,seperti mencari bahan kliping, bahan PR, bahan presentasi, maupun bahan skkripsi.
secara khusus internet kini memiliki manfaat yang banyak serta ancaman, dari segi pendidikan internet mampu menjadi 'guru' bagi para pelajar dalam mendapatkan ilmu. membuat kliping maupun tugas bukan lagi hal yang sulit karena dari internet semua tugas itu bisa didapat, terkadang kita belum mengoptimalkan internet sebagai gudang ilmu. dari segi negatif internet bisa menjadikan pelajar 'kecanduan' akan game online dan juga situs jejaring sosial.
sebenarnya jejaring sosial tidaklah selamanya memliki kesan buruk bagi pendidikan karena situs jejaring sosial terkadang memberikan informasi secara update, dan jejaring sosial juga dapat mempererat tali pertemanan terhadap teman yang tempat tinggalnya jauh. namun terkadang situs jejaring sosial juga memberikan dampak negatif terhadap pendidikan karena tak jarang ada kass penculikan anak melalui situs jejaring sosial. hal ini membuat orang tua sebaiknya mengawasi kegiatan anak saat browsing internet.
Keuntungan Internet bagi pendidikan :
  1. siswa dapat mendapatkan kumpulan soal - soal
  2. siswa dapat mencari informasi mengenai pendidikan
  3. siswa dapat mendapatkan materi pembelajaran
  4. siswa dapat mendaftar ke sekolah via internet atau online
  5. siswa dapat menambah pengetahuan
  6. Lebih dari 90% bahan dan informasi yang bermutu, yang dapat meluaskan dan membuka pikiran dan kreativitas anak kita di Internet dalam bahasa Inggris. (ini terjadi karena kemampuan bahasa inggris kita kurang.)
  7. Dll
selain manfaat internet juga memberikan ancaman bagi siswa seperti : 
  1. Banyak sekali siswa-siswi sudah biasa membuang terlalu banyak waktu main games, misalnya Play Station dan Games Online
  2. Terlalu banyak siswa-siswi juga sudah mulai menghabiskan banyak waktu di Internet di situs-situs hiburan (atau cari jodoh) seperti Facebook, Yahoo Messenger dan Friendster.
  3. Siswa kecanduan Jejaing sosial
  4. Siswa males menulis karena lebih sering mengeprint
sekarang hanya kita yang menentukan apakah kita menggunakan internet sebagai hiburan atau sebagai 'guru' kita ? jawablah dengan bijak dan jujur.....

Sekian....

Sumber : http://www.google.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar