Rabu, 20 Juni 2012

Kisah Unik Nomer Punggung Pemain Bola Part 1




Penggunaan Nomer Punggung bagi seorang pemain bola sangat penting, sebagai penanda, identitas seorang pemain bahkan sebagai nomer yang dianggap keramat dan mempunyai nilai magis.
1.      Ivan Zamorano ( 1+8)
Ivan Luis Zamorano pernah memakai nomor punggung 1+8, pemain ini selalu ingin menggunakan nomer punggung andalannya yaitu nomor 9. Namun semua berubah ketika  Ronaldo Luiz datang ke Inter. Ronaldo yang hanya ingin menggunakan nomor 9 akhirnya mendapatkan setelah Zamorano memberikannya ke Ronaldo. Dengan akalnya yang cerdik akhirnya ia pun memutuskan untuk menggunakan nomor 1+8. Sebenarnya nomornya 18, namun di jersey yang ia kenakan terdapat tambahan “+”. Zamorano hanya menggunakan itu karena ia sangat cint pada nomor 9.
2.      Gabriel Batistuta (18)
Gabriel Omar Batistuta atau biasa disapa Batigol, pemain ini sangat mencintai angka 9 untuk dikenakan sebagai nomo punggungnya, namun ketika ia pindah dari AC Fiorentina menuju AS Roma ia tidak bisa menggunakan nomor tersebut karena sudah dikenakan oleh V.Montella, sempat terjadi friksi antara mereka, bahkan sang kapten Totti rela memberikan no.10nya kepada salah satu diantara mereka. Akhirnya dengan pilihan bijak Batigol pun mengenakan nomor punggung 18

3.      Cristiano Lupatelli (10)
Jika biasanya nomor punggung 10 hanya digunakan oleh seorang bintang dan nomor 1 digunakan oleh seorang kiper, namun tidak berlaku pada Lupatelli, kiper ini menjadi satu – satunya kiper yang memakai nomer 10. Ketika ia bermain untuk Chievo Verona pada musim 2001/2002 kiper bertinggi 189 cm ini memakai nomor 10 karena pada saat itu ia menjadi salah satu kiper terbaik di Italia, karena karir cemerlangnya ketika berada di Chievo ia pun berkesempatan mengenakan jersey dengan nomor punggung 10
4.      Rogerio Ceni (618)
Penggunaan nomor punggung 3 digit sudah ada sejak 1996 ketika Jessus Arellano mengenakan jersey nomor 400 saat bermain untuk CF Monterrey dalam rangka HUT kota Monterrey, Meksiko. Andreas Herzog pernah mengenakan jersey nomor 100 ketika bermain untuk Timnas Australia karena ia mencapai 100 caps dengan Australia. Namun nomor punggung paling besar yang pernah dicatat adalah nomor 618 yang dipakai oleh kiper Sao Paolo dan Timnas Brazil, Rogerio Ceni, nomor tersebut dikenakan ketika ia merayakan penampilan ke 618-nya dengan Sao Paolo.
5.      Dario idosić (101), Thomas Michael Oar (121), Matthew Allan Kemp (118)
Diajang kualifikasi Piala Asia 2011, ketiga pemain ini menggunakan nomor punggung 3 digit. Para pemain ini mendapat sorotang dari kalangan pecinta bola. Bukan tanpa alas an mereka mengenakan nomor punggung tersebut, AFC memperbolehkan skuad timnas yang berlaga di Piala Asia 2011 memakai seragam nomor berapa saja, bahkan melebihi 100. Nomor – nomor tersebut dipakai oleh mereka agar dapat menjadi kenangan bagi penggemar bola.
  
Dario Vidosic (101), Thomas Oar (121), Allan Kemp (118)

Sumber : Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar